SELIKAS INFO TENTANG dan AA DHA

By: TalentaKasih

Des 08 2011

Kategori: tumbuh kembang

Tinggalkan komentar

DHA

DHA (Docosahexaenoic Acid) atau Asam Dokosaheksaenoat adalah asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang omega-3.

DHA merupakan lemak utama pembentuk otak, retina mata dan jantung. DHA berfungsi agar sel otak, mata, jantung dan sisten saraf berkembang dan berfungsi dengan normal.

Jumlah lemak omega-3 dalam otak bisa mencapai 97% dan di dalam retina/mata , lemak omega-3 bisa mencapai 93%.

DHA sangat diperlukan terutama pada periode di mana otak mengalami perkembangan yang sangat cepat. Periode tersebut adalah selama masa kehamilan serta 18 bulan setelah kelahiran. DHA membantu bayi untuk mengkoordinasikan antara mata dan tangan, mengembangkan kemampuan motorik serta meningkatkan focus / perhatian.

DHA yang tinggi membantu bayi untuk tidur dengan lebih nyenyak. DHA yang dibutuhkan oleh janin dipenuhi dari makanan yang disalurkan melalui plasenta ibu. Sedangkan DHA yang diperlukan oleh balita dipenuhi dari air susu ibu. Antara kelahiran sampai dengan umur 5 tahun, otak manusia tumbuh 3.5 kali.

Jumlah DHA yang direkomendasikan oleh WHO/FAO adalah 20 mg DHA per kg berat bayi. Bila bayi rutin mendapat ASI maka DHA yang dikonsumsi sudah cukup untuk memenuhi standart WHO/FAO yaitu sekitar 21 mg DHA per kg berat bayi.

 

 

 

AA

AA atau ARA (Arachidonic Acid) AA (Asam Arachidonic) merupakan asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang omega-6. Seperti halnya DHA, secara alami AA ada dalam ASI. Kandungan lemak omega-6 dalam otak bisa mencapai 48% , penting untuk pertumbuhan dan pertumbuhan otak yang optimal.

Bersama dengan DHA, AA mampu memperbaiki pengembangan mental, meningkatkan kemampuan visualisasi , menurunkan tekanan darah pd usia 6 tahun , mengurangi resiko cardiovascular disease selama hidup. AA dan DHA juga berpengaruh terhadap perkembangan penglihatan bayi serta mampu membantu meningkatkan ketajaman fungsi penglihatan bayi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: